Beberapa Khasiat Air Beras Buat Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

Kesehatan

Kesehatan – Air beras sudah lama digunakan dalam tradisi kecantikan orang Asia. Air beras diyakini dapat menyuburkan rambut, mencerahkan kulit, sampai melembabkan.

Air beras terbuat dari rendaman beras paling tidak selama 60 menit. Beberapa orang pun memilih sisa-sisa air di beras yang nyaris matang.

“Air membantu melepaskan bermacam vitamin serta mineral, dan kandungan lain dalam beras,” jelas dokter kulit Blair Murphy-Rose.

Air besar yang difermentasi pun dapat memecah komponen molekul yang menjadikannya lebih gampang diserap kulit. Air ini pun lembut maka jarang mengakibatkan reaksi alergi.

Selain vitamin serta mineral, air beras pun mempunyai kandungan asam amino sampai antioksidan. Walaupun begitu, hal itu belum dibuktikan melalui riset.

Penggunaan air beras sendiri bermacam-macam, mulai dari buat keramas, mencuci wajah, sampai kompres masker. Berikut merupakan sejumlah khasiat air beras buat kecantikan:

  1. Mengurangi noda kehitaman di kulit
    Air beras pun mempunyai kandungan asam kojic (kojic acid) yang banyak digunakan buat mencerahkan kulit. Asam kojic ini mempunyai manfaat buat mengurangi produksi melamin, yang intinya dapat mengurangi noda kehitaman di kulit ataupun hiperpigmentasi.
  2. Melembabkan
    Air beras berisi allantoin, yang membantu menghidrasi kulit dengan mengunci kelembaban.
  3. Melindungi dari radikal bebas
    Sejumlah riset mengungkap antioksidan yang ada di air beras dapat melindungi dari kerusakan radikal bebas karena paparan sinar matahari. Walaupun begitu, menurut Murhpy-Rose, perlindungan utama kulit dari sinar ultraviolet yaitu penggunaan sunscreen.
  4. Berisi antipenuaan
    Riset tahun 2018 memperlihatkan kalau air beras menghambat aktivitas elastase, enzim yang memecah serat elastis. Kerja enzim ini dapat membuat kulit jadi keriput.
  5. Memulihkan jerawat
    Air beras berisi zat antiperadangan serta juga dapat menenangkan kulit. Karenanya air besar cukup bagus buat menangani kulit eksim yang kambuh ataupun berjerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *