Posisi Tidur Yang Tak Nyaman Dapat Menyebabkan Sakit Pada Leher

Kesehatan

Kesehatan – Posisi tidur berfungsi penting buat memastikan kualitas tidur seseorang. Berdasarkan beberapa riset, posisi tidur yang buruk dapat mengakibatkan kecapekan, gangguan tidur, sakit kepala, sakit maag, sampai nyeri pada punggung.

Ada banyak faktor yang menyebabkan posisi tidur jadi tidak nyaman. Contohnya, pemakaian bantal yang salah biasanya bakal menyebabkan bagian badan tertentu jadi nyeri.

KSM Orthopaedi serta Traumatologi Klinik RS Cipto Mangunkusumo, Rahyussalim mengatakan, pemakaian bantal yang salah bisa mengganggu otot leher serta tulang, terlebih bila seseorang tidur tetap pada posisi yang sama dalam waktu lama.

Posisi tidur bisa berdampak signifikan pada kesehatan otot serta tulang, terlebih pada bagian leher. Salah satu permasalahan yang kerap muncul yaitu ketidaknyamanan karena pemakaian bantal yang tidak tepat ataupun salah bantal.

“Posisi tidur itu amat penting, jangan menetap di satu posisi. Ada orang yang tidur di tempat yang sempit jadi telentang saja serta tidak mengganti posisi, padahal secara fisik serta naluri tubuh itu selama beberapa jam bakal memberi peluang buat merelaksasi dengan mengganti posisi. Jika sesekali salah bantal itu biasanya cuma otot saja itu, siang ataupun sore udah enak kembali lagi seperti sediakala, ” ucap Dokter Salim.

Tetapi, menurutnya salah bantal yang tak kunjung pulih biasanya terjadi lantaran sudah terlalu kerap tidur dengan posisi yang tidak baik, akibatnya sudah melibatkan saraf, serta hal itu biasanya terjadi pada orang lanjut usia yang biasanya tidur dalam waktu yang lama tanpa merubah posisi tidur.

Ketidaknyamanan itu mulanya mungkin cuma dirasakan seperti pegal-pegal yang bisa mereda, sesudah dipijat ataupun digerakkan. Tetapi, bila permasalahan ini berlangsung secara berkali-kali, dapat mengakibatkan degenerasi serta penekanan pada syaraf di leher.

Buat menanggulangi permasalahan itu, ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu dengan merelaksasi otot leher serta pemakaian obat topikal pada area leher.

“Obatnya dengan menggerakkan secara gradual depan belakang, menengok, itu udah cukup buat merelaksasi otot yang tadinya kencang. Dapat pula memberikan obat topikal pada area leher, biasanya siang sore ataupun besoknya sudah enak, ” jelasnya.

Jika permasalahan diakibatkan oleh pemakaian bantal yang salah, coba buat menjemur bantal serta tidur di atasnya sesudah dijemur bisa memberikan bantuan sementara buat leher yang kaku.

“Hal tersebut membantu menjaga kelenturan bantal serta menjadikannya lebih nyaman buat dipakai,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *