Dalam 3 Bulan, Kekerasan Geng Bersenjata Di Haiti Sudah Menewaskan 1.500 Orang

Mancanegara

Mancanegara – Kekerasan yang dilakukan oleh geng bersenjata di Haiti sudah menewaskan lebih dari 1.500 orang sepanjang tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Volker Türk yang merupakan Komisaris tinggi PBB urusan HAM, pada Kamis, 28 Maret 2024.

PBB juga menyayangkan aliran senjata yang terus terjadi ke negara di Kepulauan Karibia tersebut. PBB menggambarkan kondisi di negara yang diterpa kekacauan tersebut “sangat buruk. ”

“Mengejutkan sekali bahwa walaupun keadaan di lapangan menakutkan, senjata masih mengalir masuk, ” ucap Volker Türk.

“Saya menyerukan pelaksanaan embargo senjata yang lebih efektif, ” imbuhnya.

PBB menjelaskan puluhan orang sudah digantung oleh apa yang disebut sebagai brigade bela diri tahun ini. Banyak di antara anggota geng merupakan pelaku kriminal, 4.000 di antaranya sudah kabur dari dua penjara terbesar di Haiti.

“Semua aksi ini keterlaluan serta mesti dihentikan sama sekali, ” ujar Türk.

PBB menjelaskan perang antargeng sudah melonjak di beberapa minggu ini lantaran kelompok-kelompok bersenjata terlibat dalam gelombang serangan baru, termasuk penyerangan pada kantor-kantor polisi serta bandara internasional.

PM Ariel Henry menyatakan pengunduran dirinya pada 11 Maret.Dia pergi dari Haiti serta saat ini ada di teritori AS, Puerto Rico. Geng bersenjata menghalanginya buat kembali ke Haiti.

Satu buah dewan kepresidenan transisi yang bakal bertanggung jawab memilih perdana menteri baru menyampaikan penjelasan resmi pertamanya hari Rabu, 27 Maret 2024, yang berisi janji akan memperbaiki “ketertiban umum serta demokrasi” di Haiti.

“Kami berniat buat menghilangkan penderitaan warga Haiti, yang terlalu lama terjerat antara pemerintahan yang buruk, kekerasan bermacam jenis serta pengabaian pada perspektif serta kebutuhan mereka, ” ucap dewan tersebut.

Para anggota dewan menjelaskan kalau begitu mereka resmi dilantik, mereka bakal membantu memulihkan Haiti ke jalur legitimasi, stabilitas serta martabat demokrasi.

Laporan PBB mendokumentasikan sebanyak 4.451 pembunuhan tahun kemarin serta 1.554 pembunuhan sampai 22 Maret tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *