Ponggol Makanan Khas Tegal Warung Ponggol Akan Manjakan Lidah Pecinta Kuliner

Kuliner

Kuliner – Tidak cuma terkenal sebagai daerah bahari, Tegal juga populer dengan makanan khasnya yang menggoda lidah, salah satunya ponggol.

Tukang masak Warpong Buan, Rudini Prabowo Hasibuan ataupun akrab dipanggil Buan menjelaskan, ponggol yang ditawarkan bercita rasa beda dengan ponggol biasanya. perbedaan ini bisa disaksikan dari cara ataupun bumbu masak yang dia pakai.

Warpong adalah singkatan dari Warung Ponggol. Nama warung sengaja dipilih lantaran makanan yang dijual mempunyai harga yang terjangkau, maka dapat dinikmati oleh seluruh kalangan.

“Resep buatan sendiri. Ponggol itu sebenarnya dibuat dari tempe. Di Tegal itu tiap orang mengkonsumsi tempe, dibuat agar lebih enak diolah lagi dengan bahan rempah-rempah. Dari sana saya mulai belajar buat resep sendiri. riset kurang lebih tiga tahun. bila gagal, saya olah lagi hingga ujungnya rasanya sungguh luar biasa, ” ucap Buan pada Rabu, 28 Februari 2024.

Tidak cuma tempe, ponggol yang dia membuat dimasak bersama lemak serta daging sapi. lama memasaknya pun tak dapat dikatakan sebentar.

“Diolah dengan bahan bermacam jenis rempah, bumbu rahasia, kurang lebih 12 jam, jadi setiap 4 jam berhenti, setelah itu dimulai lagi hingga 12 jam. tiap gigitan tentu berbeda dengan yang lain, supaya diterima seluruh kalangan, ” tambahnya.

Buan menekankan, dia mau mengangkat ponggol selaku menu andalan di kafenya lantaran mau mengangkat makanan tradisional jadi makanan modern.

Di samping itu, mimpi Buan ujungnya jadi kenyataan sesudah dirinya bertemu dengan CEO ARA Food Philipe Kenneth. Kenneth sungguh tergoda dengan ide Buan serta langsung membuka Warpong Buan di wilayah Sabang, Jakarta Pusat.

“Kita telah berhasil di Jalan Sabang dengan Kopi Ko Acung. Kita bertemu juga dengan Buan serta kita jalan bersama buat mendirikan Warpong Buan ini,” kata Kenneth.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *